Cara Mudah Mengobati Pilek Pada Anak

Cara Mudah Mengobati Pilek Pada Anak
Daftar Isi Artikel
Musim hujan bukan hanya musim banjir, tapi juga musim pilek dan flu. Ada lebih dari 200 virus yang dapat menyebabkan pilek atau penyakit yang juga disebut dengan common cold (salesma) ini.

Bahkan anak-anak bisa terserang flu sebanyak 8 sampai 12 kali dalam setahun, terutama balita yang sistem kekebalan tubuhnya masih berkembang.

Baca Juga: Tips Menjaga Kekebalan Tubuh

Meski tidak berbahaya, si kecil bisa jadi tidak nyaman karena sulit bernafas, apalagi bisa disertai demam. Hidung tersumbat, kadang disertai batuk, membuat tidurnya tidak nyenyak atau rewel.

Namun perlu Parents ketahui bahwa anak usia di bawah 4 tahun sangat tidak disarankan untuk mengonsumsi obat flu atau pilek.

Cara Mengatasi Pilek Pada Anak Secara Alami

Ini adalah beberapa cara mengatasi pilek yang bisa Anda lakukan selain memberikan obat.

1. Banyak istirahat dan tidur

Salah satu cara mengatasi pilek adalah dengan tidur yang cukup. Kurang tidur bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh pada orang dewasa, demikian juga pada anak-anak. Jika di malam hari ia sering terjaga, coba tidurkan anak lebih awal keesokan harinya.

Misalnya, menidurkan anak jam 11 siang jika jam tidur siang si anak biasanya jam 12 siang.

Jangan ragu meliburkan si kecil dari sekolah, agar ia bisa beristirahat total. Lagipula, anak pilek di sekolah bisa menyebarkan virus pada teman-temannya.

Baca Juga: Tips Mengatasi Sulit Tidur

2. Perbanyak cairan

Hidung mampet pada anak bisa diatasi jika tubuh anak pilek tidak kekurangan cairan. Berikan air putih, bisa juga air jeruk nipis hangat yang dicampur sedikit madu.

Jangan berikan minuman bersoda atau kopi. Minuman jenis ini bisa membuat anak lebih sering buang air kecil, akibatnya anak bisa kekurangan cairan.

3. Makan sup ayam hangat

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa sup ayam mengandung sistein, sejenis asam amino yang dapat mengurangi lendir. Ada juga penelitian yang menemukan sup ayam membantu tubuh mengontrol netrofil, sel penyebab hidung tersumbat.

Menurut Debra Fulghum Bruce PhD, sup ayam mengandung merica, bawang putih dan bahan-bahan lain yang bisa mengurangi lendir dalam hidung, tenggorokan dan paru-paru penderita pilek.

Baca Juga: Tips Mengatasi Anak Pilih Pilih Makan Ketika Sakit

4. Berikan probiotik

Hasil penelitian mengungkapkan, anak pilek usia 12 bulan hingga 12 tahun yang mengkonsumsi probiotik lebih cepat sembuh daripada yang tidak. Probiotik terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh penderita.

Probiotik terkandung dalam yogurt atau minuman yang mengandung Lactobacillus. Minuman jenis ini cukup mudah didapatkan di pasar swalayan atau toko kelontong.

5. Air garam

Air garam dipercaya sebagian orang mampu meredakan pilek pada anak dan orang dewasa. Larutkan ¼-½ sendok teh garam dalam 236 ml air hangat.

Kemudian teteskan ke lubang hidung anak dengan bantuan pipet. Cara mengatasi pilek ini tidak cocok untuk anak kurang dari 4 tahun.

6. Berikan vitamin C

Vitamin C tidak bisa menyembuhkan pilek, namun bisa meningkatkan daya tahan tubuh penderita. Penderita akan lebih cepat sembuh jika mengkonsumsi vitamin C beberapa saat setelah munculnya gejala pilek.

Dosis vitamin C yang dianjurkan adalah 45 mg untuk anak berusia 5 tahun. Batita dan bayi tidak perlu mengkonsumsi suplemen vitamin C, kecuali jika dianjurkan oleh dokter.

Vitamin C yang terkandung dalam sayur dan buah sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin ini pada anak di bawah 5 tahun.

Beberapa jenis sayur dan buah yang kaya vitamin C dan aman untuk anak semua usia adalah pisang, pepaya, jeruk, bayam, ubi jalar, tomat dan brokoli.

7. Mandi air hangat

Beberapa orangtua tidak memandikan anak yang sedang sakit pilek, lantaran khawatir pileknya akan semakin parah. Pendapat ini kurang tepat, Parents.

Mandikan anak seperti biasa saat ia pilek, atau seka tubuhnya menggunakan washlap. Mandi air hangat dapat mengurangi pegal-pegal pada tubuh yang membuat anak merasa tidak nyaman.

8. Menghirup uap air

Menghirup uap air yang mengepul dari air panas dapat melancarkan hidung tersumbat. Caranya, tuangkan air panas dalam mangkuk atau baskom. Dudukkan anak di depan baskom itu, lalu kerudungi ia dengan handuk basah.

Hati-hati, jangan sampai anak menyentuh baskom atau memasukkan tangannya dalam air panas. Lakukan penguapan ini selama 15 menit.

Anda juga bisa mencampurkan minyak kayu putih atau balsem pelega pernafasan dalam air panas. Cara mengatasi pilek ini terbukti efektif.

9. Memberikan madu

Campurkan ½-1 sendok teh madu dengan air hangat. Bisa juga ditambahkan beberapa tetes perasan jeruk nipis, lalu minumkan.

Perhatian : Jangan berikan madu pada anak di bawah usia 12 bulan.

10. Menggunakan penyedot ingus

Umumnya penyedot ingus (nasal respirator) digunakan untuk bayi. Anda juga bisa menggunakannya jika anak belum bisa mengeluarkan ingusnya sendiri.

Jangan lupa sterilkan ujung penyedot ingus dengan alkohol sebelum dipakai. Anda bisa membeli penyedot ingus di apotek.

Parents, semoga anak Anda lekas sembuh. Ayo sebarkan cara mengatasi pilek ini kepada teman lainnya.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>
(Contoh) Slot Iklan
(Contoh) Slot Iklan
(Contoh) Slot Iklan
(Contoh) Slot Iklan
(Contoh) Slot Iklan
(Contoh) Slot Iklan