6 Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan Tubuh

6 Manfaat Cengkeh Bagi Kesehatan Tubuh
Daftar Isi Artikel
Cengkeh adalah tanaman yang sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Selama ini cengkeh diketahui sebagai penyedap aroma dalam rokok kretek, penyedap makanan bahkan di Eropa cengkeh digunakan untuk bumbu masakan pedas, tapi tahukah anda jika sebenarnya ada manfaat dan khasiat lain yang terkandung dalam cengkeh ?

Khasiat Alami Cengkeh Untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa manfaat cengkeh yang sangat bagus bagi kesehatan tubuh manusia :

Menyembuhkan infeksi pernafasan

Cengkeh berperan sebagai Ekspetoran, adapun fungsi dari Ekspetoran adalah guna mengencerkan lendir yang ada di kerongkongan dan tenggorokan. Maka jika anda sedang mengalami batuk yang berdahak lebih baik meminum teh hangat yang dicampur dengan cengkeh.

Mengobati sakit gigi

Bunga cengkeh dapat dipergunakan untuk mengobati sakit gigi, adapun cara penyajiaanya adalah dengan cara menyangrai 5 – 10 butir bunga cengkeh, lalu ditumbuk hingga halus. Setelah bunga cengkeh tersebut menjadi halus, langkah selanjutnya adalah menaburkan bubuk tersebut ke gigi yang sedang sakit.

Menyamarkan noda jerawat

Cengkeh mengandung zat Euganol yang terkenal sebagai antiseptik alami untuk penyeimbang warna kulit. Pemanfaatan zat Euganol yang terkandung dalam cengkeh dapat menyamarkan noda bekas jerawat dan mencegah timbunya jerawat secara berlebihan.

Melawan penyakit kanker

Walaupun banyak pertentangan mengenai kasiat cengkeh sebagai pelawan penyakit kanker, namun riset medis membuktikan jika cengkeh dapat membantu dalam melawan penyakit kanker, khususnya kanker kulit, paru – paru dan saluran pencernaan.

Mencegah penyakit Stroke

Kandungan Euganol yang sangat bermanfaat bagi tubuh manusia juga dapat membantu untuk melancarkan peredaran darah yang membeku, dengan begitu kemungkinan terserah stroke dapat diminimalisir dengan cara mengkonsumsi cengkeh secara rutin.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Dengan mengkonsumsi beberapa cengkeh secara rutin dapat membantu menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh anda agar terhindar dari segala macam mikroba – mikroba jahat, sehingga tidak gampang sakit.


Cengkeh sangat baik pula bila diberikan kepada buah hati anda, tapi berhubung aromanya yang kuat terkadang banyak anak kecil yang menolak cengkeh.

Anda dapat mensiasatinya dengan cara mencampurkan cengkeh sebagai bahan tambahan dalam olahan roti kering maupun selai. Sekian tips obat alami dari saya, semoga bermanfaat.

  1. Untuk membuat judul komentar, gunakan <i rel="h2">Judul Komentar</i>
  2. Untuk membuat kotak catatan, <i rel="quote">catatan</i>
  3. Untuk membuat teks stabilo, <i rel="mark">mark</i>
  4. Untuk membuat teks mono, <i rel="kbd">kbd</i>
  5. Untuk membuat kode singkat, <i rel="code">shorcode</i>
  6. Untuk membuat kode panjang, <i rel="pre"><i rel="code">potongan kode</i></i>
  7. Untuk membuat teks tebal, <strong>tebal</strong> atau <b>tebal</b>
  8. Untuk membuat teks miring, <em>miring</em> atau <i>miring</i>
(Contoh) Slot Iklan
(Contoh) Slot Iklan
(Contoh) Slot Iklan
(Contoh) Slot Iklan
(Contoh) Slot Iklan
(Contoh) Slot Iklan